Berlibur di Hutan Mangrove Jembatan Api-Api yang Hijau

Berlibur di Hutan Mangrove Jembatan Api-Api yang Hijau

Setiap harinya banyak wisatawan yang datang ke Kulonprogo, Yogyakarta untuk menikmati pemandangan alam yang mempesona di kawasan ini. Kabupaten ini memang memiliki banyak objek wisata alam yang indah karena diberkahi bentang alam yang lengkap mulai dari pegunungan hingga peisisir pantai. Untuk wisata alam pegunungan, kawasan ini termasyur dengan wisata Kalibirunya serta beberapa objek wisata sepeti Kedung Pedut dan juga Waduk Sermo. Untuk wisata alam pesisir pantai, objek wisata yang terkenal adalah Pantai Ngagah serta yang sedang populer adalah Hutan Mangrove Jembatan Api-Api atau biasa disebut Hutan Mangrove Congot.

Sebenarnya hutan mangrove ini sudah ada cukup lama di kawasan ini. Dengan berkembangnya dunia pariwisata di Jogja membuat masyarakat sekitar memanfaatkan kondisi alam ini sebagai daya tari wisata kepada para pengunjung baik dari dalam maupun luar daerah. Pada tahun 2016 mereka pun mulai menata kawasan hutan mangrove ini menjadi lebih menarik dan juga rapi. Saat ini kawasan ini pun ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Saat datang ke lokasi ini wisatawan akan disambut oleh pemandangan pepohonan mangrove yang hijau. Untuk menambah keindahan kawasan dibangun jalan setapak dari kayu dan juga bambu yang dijadikan tempat untuk selfie para wisatawan. Di beberapa titik juga dibangun gazebo dan tempat-tempat untuk selfie sehingga wisatawan bisa mengabadikan momen spesial mereka di sini.

Lokasi:

Hutan Mangrove Jembatan Api-api berlokasi di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo. Diperlukan waktu sekitar 2 jam menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju tempat dari pusat Kota Yogyakarta. Aksesnya pun sangat mudah. Wisatawan tinggal menyusuri jalan utama Yogyakarta – Purworejo kemudian belok menuju arah Pantai Glagah. Kemudian ikuti Jalan Daendles hingga menemukan SD Jangkaran. Setelah itu belok kiri dan ikutilah petunjuk arah yang ada. Bagi wisatawan yang datang dalam rombongan besar bisa sewa bus Paket wisata Jogja.

Harga Tiket:

Tiket masuk kawasan ini sebesar Rp 5.000 per orang. Dengan uang sebesar itu wisatawan bisa menikmati keindahan kawasan sepuasnya. Jika wisatawan tertarik untuk naik kapal menyurusi anak Sungai Bogowonto, wisatawan wajib membayar biaya tambahan sebesar Rp 5.000 per orang.

Tips Wisata:

  1. Gunakanlah pakaian yang nyaman untuk di pantai.
  2. Bawa topi atau penutup kepala untuk berjaga-jaga dari teriknya matahari.
  3. Gunakan alas kaki yang nyaman.
  4. Jagalah kebersihan.
Back to Top